Pasar Ahad Kecamatan Ganeas - DESA SUKAWENING

(16/10/2022) Salah satu tantangan yang membuat perekonomian di desa sulit berkembang cepat adalah karena desa telah dijajah berbagai produk perusahaan bermodal besar. Selain itu berbagai potensi yang dimiliki desa juga masuk ke para tengkulak, Lalu bagaimana cara agar produk lokal desa bisa dijual dengan lebih cepat dan menguntungkan sekaligus memutus rantai penguasaan para tengkulak? Salah satunya adalah dengan Pasar Ahad.

Pasar Ahad merupakan kegiatan pasar tradisional yang dilaksanakan oleh para pelaku UMKM di kecamatan Ganeas, dilaksanakan setiap hari minggu yang berlokasi di lapang Caringin dusun gorowong Desa Sukawening. Kegiatan ini merupakan usulan dari para kepala desa yang kemudian di fasilitasi oleh BUMDESMA Kecamatan Ganeas.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari sekaligus memberi kesempatan bagi pelaku UMKM yang ada di wilayah Kecamatan Ganeas untuk menjual aneka produk  mereka seperti sayuran, olahan makanan, pakaian, buah-buahan, peralatan rumah tangga, dan lain-lain. Dalam rangkaian kegiatan ini juga di isi oleh sejumlah kegiatan hiburan seperti senam sehat dan dimeriahkan dengan pertunjukkan musik organ tunggal, kuda renggong, dan lainnya.  Ada juga edukasi untuk anak seperti memberi makan rusa, lomba mewarnai, baca buku gratis dan sebagainya..

Menurut salah satu pengunjung “dengan adanya pasar ahad ini menjadi tempat berkumpulnya aneka produk yang juga bisa membangun semangat mandiri karena warga bakal lebih memilih produk yang dibuat warganya sendiri dari pada membeli dari luar daerah, dan juga warga tidak perlu menempuh perjalanan jauh hanya untuk sekedar membeli sayuran atau kebutuhan sehari-hari lainnya”. *Vie